Sejarah

Aliansi Wartawan Subang (Awas) merupakan komunitas wartawan yang terbentuk sejak lama. Kantin DPRD Subang menjadi saksi terbentuknya Awas.

Awalnya komunitas Awas bernama Fraksi Darsim. Kenapa dinamakan Fraksi Darsim? Karena pemilik kantin tempat kami berkumpul bernama Darsim.

27 September 2019 menjadi awal nama Awas muncul. Saat itu kita akan melayangkan surat pemberitahuan aksi unjuk rasa menolak RKUHP.

Nama Fraksi Darsim tidak memungkinkan untuk kami jadikan kop surat. Kemudian disepakatilah nama Aliansi Wartawan Subang atau disingkat Awas.

Pada tanggal 30 September 2019 nama Awas muncul diberbagai media masa yang berada di Kabupaten Subang. Aksi pertama Awas tentunya akan tercatat dalam sejarah.

Kita yang biasa meliput aksi unjuk rasa dan menuangkannya kedalam tulisan, pada hari Senin, 30 September kita turun ke jalan. Kita melakukan aksi unjuk rasa.

Mungkin itu sejarah singkat terbentuknya Awas. Dalam perjalanannya Awas akan memegang teguh semangat kebersamaan.

Wartawan yang berada dalam komunitas Awas merupakan wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Subang, ada wartawan media cetak, online dan televisi.